Hanya Satu Peserta, Kecamatan Sintang Juara Lomba Paduan Suara Gregorian Remaja Pada Pesparani Katolik 2024

Posted by : Admin Sintang Terkini October 16, 2024

Sintang-www.sintang-terkini.com-Lomba paduan suara gregorian remaja pada Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik (Pesparani) Kabupaten Sintang tahun 2024 yang diselenggarakan di Gedung Kesenian Kabupaten Sintang, Rabu (16/10/2024) hanya diikuti satu kontingen yang berasal dari kecamatan Sintang.

Wakil ketua 2 Lembaga Pengembangan dan Pembinaan Paduan Suara Gerejani Katolik Daerah (LP3KD) Kabupaten Sintang, M. Pahan Apri mengatakan sesungguhnya kesempatan untuk mengikuti lomba ini sudah dibuka seluas-luasnya kepada setiap kontingen kecamatan dan sudah ada pemberitahuan dari jauh-jauh hari. Namun tampaknya dari kecamatan juga kesulitan mengirim kontingen yang memang terdiri dari banyak peserta ini.

Pahan melanjutkan, karena hanya ada satu kontingen yang mengikuti cabang lomba ini, maka kontingen ini lah yang nanti diharapkan akan mewakili LP3K Kabupaten Sintang untuk mengikuti pesparani tingkat provinsi yang akan dilaksanakan di Kabupaten Landak.

“Mereka ini sudah pasti juara satu, tapi apakah juara satu kategori perak, perunggu atau emas, itu nanti juri yang menentukan,” terang Pahan.

Seksi lomba Pesparani Katolik Kabupaten Sintang 2024, Herman Kurniawan mengatakan yang dinilai dari paduan suara Gregorian remaja ini antara lain materi suara, penjiwaan, teknik dan penampilan.

“Juri lomba juga didatangkan dari luar Kabupaten Sintang,” ucap Herman.

Wigbertus Da Silva, mewakili juri yang terdiri dari, Herman Wahadaniah, Wigbertus Da Silva, dan Wilhelmus Syukur mengatakan ada beberapa hal yang memang perlu diperhatikan saat menyanyikan lagu Gregorian yang menggunakan bahasa latin.

“Lancar, tenang dan mengalir merupakan kunci menyanyikan lagu gregorian,” ujar Wigbertus Da Silva

“Karena menyanyikan lagu gregorian yang menggunakan bahasa Latin, maka artikulasinya harus benar,” lanjutnya lagi.

Hasil dari penilaian juri, paduan suara gregorian remaja kecamatan Sintang mendapatkan nilai 74,40 dan mendapatkan kategori perak.

(RILIS KOMINFO SINTANG)

RELATED POSTS
FOLLOW US