Wow! Dika Karang Kenakan Kain Tenun Ikat Sintang di Resepsi Diplomatik Indonesia-Seoul

Posted by : Admin Sintang Terkini September 4, 2023 Tags : Regional , Sintang

Penyanyi Indonesia yang berkarier di Korea Selatan, Dita Karang, menarik perhatian usai terlihat menggunakan kain tenun ikat Sintang saat menghadiri resepsi diplomatik dalam rangka 50 tahun terjalinnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea.

Acara terebut diketahui digelar di Hotel Lotte Seoul pada Kamis (31/08) lalu.

Dalam unggahan yang dibagikan pada akun Instagram @dita.karang_new, Dita terlihat menawan dengan menggunakan bawahan dari lilitan kain tenun ikat Sintang yang dipadukan dengan kebaya berwarna merah.

Tak hanya itu, melengkapi penampilannya bahkan Dita turut menambahkan aksen kain tenun ikat Sintang dibahunya yang ia biarkan menjuntai jatuh.

“Suatu kehormatan untuk menghadiri Resepsi Diplomatik Korea-Indonesia malam ini,” tulis keterangan dalam akun tersebut.

Bahkan dalam potret unggahan dalam akun lainnya, kain tenun ikat Sintang tampak menjadi tema pakaian dalam acara tersebut karena tak sedikit jajaran pejabat Indonesia dan Korea menggenakan kain tersebut tak terkecuali Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto.

Kain tenun ikat Sintang merupakan jenis kain tenun ikat yang hasilkan oleh masyarakat suku Dayak dari Kalimantan Barat. Tepatnya, berasal dari dua daerah kecil dikabupaten Sintang, yakni Ensaid panjang dan Bukit kelam.

Kain ini dikenal mempunyai kekhasan dalam motif, kehalusan, dan cara pembuatan yang tetap mempertahankan teknik tradisional sehingga tak heran jika kerajinan tenun yang berasal dari daerah suku Dayak ini juga telah dikenal di beberapa negara besar seperti Amerika Serikat, Belanda, Jerman, Italia serta beberapa negara Eropa lainnya.

sumber: https://kalbar.suara.com/read/2023/09/03/201625/wow-dika-karang-kenakan-kain-tenun-ikat-sintang-di-resepsi-diplomatik-indonesia-seoul

RELATED POSTS
FOLLOW US