Asisten I Sintang Buka Sosialisasi Implementasi Perizinan Berbasis Resiko di Kecamatan Sungai Tebelian

Posted by : Admin Sintang Terkini April 25, 2024

Sintang-www.sintang-terkini.com-Bupati Sintang yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Herkolanus Roni membuka pelaksanaan Bimbingan Teknis/Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko dan Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko di Gedung Serbaguna Kecamatan Sungai Tebelian pada Kamis, 25 April 2024.

Kegiatan Bimbingan Teknis/Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Resiko dan Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko tersebut diselenggarakan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang. Hadir pada kegiatan tersebut Dt. Hendrika Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Ir. Erwin Simanjuntak Kepala Dinas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang dan jajaranya, perwakilan Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Sintang, Sekretaris Kecamatan Sungai Tebelian dan Masyarakat pelaku usaha yang ada di Kecamatan Sungai Tebelian.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Herkolanus Roni menyampaikan bahwa pemerintah melalui aplikasi Online Single Submission Risk Based Approach ini, sudah melakukan banyak perubahan dan kemudahan bagi masyarakat untuk mengurus perizinan usahanya.

“maka Pemkab Sintang mendorong bagi masyarakat Kecamatan Sungai Tebelian dan seluruh masyarakat Kabupaten Sintang untuk memanfaatkan program, kebijakan dan aplikasi OSS RBA ini untuk mengurus izin usahanya. Bagi yang sudah ada usaha namun belum ada izinnya, segera urus izinya karena sangat mudah dan gratis” pesan Herkolanus Roni

“bagi masyarakat yang belum ada usaha, masih berniat, silakan wujudkan usahanya, urus izinnya dan mulai usahanya. Sekarang ini urus izin secara online juga bisa. Atau kalau tidak paham, bisa datang Mall Pelayanan Publik Bumi Senentang yang saat ini menempati eks RSUD AM Djoen di samping Kantor Bupati Sintang. pasti akan dilayani dengan senang hati. Gratis lagi” terang Herkolanus Roni.

Erwin Simanjuntak Kepala Dinas Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dpmptsp kabupaten karimun dalam memfasilitasi pelaksanaan penanaman modal.

“meningkatkan pemahaman pelaku usaha mengenai ketentuan pelaksanaan penanaman modal. Sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah     meningkatnya realisasi investasi penanaman modal, meningkatnya jumlah pelaku usaha yang memiliki perizinan berusaha, meningkatnya jumlah pelaporan kegiatan penanaman modal pelaku usaha di Kabupaten Sintang dan meningkatnya kualitas fasilitasi penyelesaian permasalahan pelaku usaha dalam merealisasikan investasinya” terang Erwin Simanjuntak

“perubahan besar paradigma perizinan dari berbasis izin menjadi berbasis risiko  yang dilakukan melalui OSS RBA. Penyelenggaran kebijakan perizinan berusaha berbasis risiko yang diterapkan Pemerintah saat ini menggunakan pendekatan “trust but verify”, dengan kata lain Pemerintah memberikan kemudahan “trust” dalam penerbitan perizinan berusaha yang lebih efektif sederhana di awal kepada pelaku usaha yang selanjutnya akan dilakukan “verify”” tambah Erwin Simanjuntak

“untuk itu, dalam rangka menjaga kesesuaian standar usaha berdasarkan ketentuan yang ditetapkan, maka akan dilaksanakan pengawasan terhadap perizinan berusaha guna memastikan pelaksanaan kegiatan usaha sesuai dengan standar pelaksanaan kegiatan usaha yang dilakukan melalui pendekatan berbasis risiko dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha. Beberapa yang menjadi obyek pengawasan antara lain pemenuhan persyaratan dasar, kewajiban pemenuhan perizinan berusaha, persyaratan khusus sesuai masing-masing KBLI, sarana prasara, organisasi SDM, standar produk/jasa, sistem manajemen usaha, pelayanan produk usaha, CSR, BPJS, kemitraan usaha dan penyampaian LKPM” tutup Erwin Simanjuntak. RILIS PROKOPIM.

RELATED POSTS
FOLLOW US