Bupati Sintang Terima Bantuan Dari Pemprov Kalbar Untuk Korban Banjir

Posted by : Admin Sintang Terkini January 25, 2024

Sintang-www.sintang-terkini.com-Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang diwakili Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat Drs. Raminuddin, M,Si memberikan bantuan berupa paket sembako dan obat-obatan kepada Pemerintah Kabupaten Sintang , yang secara langsung diterima Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M. Med. PH yang di dampingi oleh Wakil Bupati Sintang Melkianus, S. Sos di Pendopo rumah Jabatan Bupati Sintang pada Selasa, 22/01/2024.

Dalam kesempatam tersebut, wakil bupati Sintang menyampaikan terima kasih dan sebuah apresiasi serta penghargaan kepada pemerintah Provinsi Kalimantam Barat atas saluran bantuan dari Kementrian Sosial RI untuk para korban yang terdampak banjir di Kabupaten Sintang.

“Bantuan ini akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak melalui Camat dan Lurah, yang diharapkan bantuan ini tepat sasaran terutama di tempat penampungan dan pengungsian” jelas Melkianus, S. Sos.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Raminuddin mengatakan ada beberapa paket bantuan yang disalurkan ke Pemkab Sintang untuk kemudian didistribusikan ke warga terdampak banjir.

“Ada beberapa peralatan darurat yang segera dilakukan penanggulangan darurat bencana, makanan siap saji 1.400 paket, famili Kids 100 paket, kemudian Kids aware 104 paket tenda guling 100 lembar, tenda serbaguna keluarga 1 unit, tenda keluarga portable 5 unit,” kata Raminuddin.

Paket bantuan bencana ini kata Raminuddin, diperoritaskan untuk penaganan darurat bencana khususnya mayarakat terdampak secara langsung.

Apalagi masyarakat terisolir yang tidak dapat melakukan rutinitas seperti biasa, masak minum bekerja dan seterusnya.

“Jadi inilah tujuan dari provinsi menyalurkan bantuan ke sintang supaya masyarakat rasa pemerintah hadir,” jelasnya.

Saat ini kata Raminuddin, Pemkab Sintang tengah mengkaji untuk menaikan status siaga menjadi darurat bencana banjir.

Apalabila statusnya dinaikkan, ini berdampak terhadap multi sektor untuk menangulanginya, mulai dari TNI Polri stakeholder terkait, tagana, relawan bisa membantu meringankan beban saudara akibat terdampak banjir.

“Lalu terkait kondisi di lapangan ketika banjir makin tinggi, bantuan pasti akan diberikan bisa dari provinsi atau pusat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan. Pada intinya pemerintah hadir di masyarakat, sehingga bantuan itu bisa dirasakan masyarakat. Stok cadangan beras disampaikan Bupati juga masih banyak tinggal menunggu kondisi banjir. Kami sudah menyalurkan bantuan ke Sambas, bengkayang, landak, kapuas Hulu kadang Utara dan Sintang. Kabupaten lain ada banjir tapi statusnya belum darurat bencana,” kata Raminuddin

Hadir dalam kegiatan ini Ferkopimda, OPD terkait, Ferkopimcam, serta para undangan.

RELATED POSTS
FOLLOW US