Sekda Sintang Buka Lokakarya 7 Festival Panen Karya Pendidikan Guru Penggerak Angkatan IX

Posted by : Admin Sintang Terkini April 23, 2024

Sintang-www.sintang-terkini.com-Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus, S.H, M.Si., menghadiri sekaligus membuka kegiatan Lokakarya 7 Festival Panen Karya Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 9 Kabupaten Sintang, dilaksanakan di Gedung Pancasila pada hari Rabu, 23 April 2024.

Kartiyus mengatakan bahwa pendidikan pada hakikatnya menjadi salah satu sarana yang berpengaruh besar dalam membentuk sumber daya manusia berkualitas. 

“melalui pendidikan dapat tercipta generasi berkarakter yang mampu mengaktualisasikan diri menjadi ujung tombak kemajuan peradaban. Sebagaimana Ungkapan tersebut sebenarnya tercantum dalam pembukaan undang-undang Dasar 1945, tujuan nasional pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa yang pada hakekatnya akan menopang Kesejahteraan Rakyat” terang Kartiyus

“dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan Kemendikbud meluncurkan program guru penggerak di awal tahun 2020 lalu. Tujuannya tentu saja untuk menjadi fasilitator dan praktisi di dunia pendidikan. Melalui guru penggerak nantinya peserta didik yang kesulitan belajar akan mendapat solusi,” kata Kartiyus.

“Guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang menerapkan Merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid. Guru penggerak menggerakkan organisasi belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta mengembangkan program kepemimpinan murid untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila” terang Kartiyus

“Untuk menjadi guru penggerak guru harus mengikuti proses seleksi dan pendidikan guru penggerak selama 6 bulan selama proses pendidikan. Calon guru penggerak akan didukung oleh instruktur fasilitator dan pendamping yang profesional. Selaku Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang kami mendukung semua program yang telah dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Guru Penggerak serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Salah satunya adalah program guru penggerak dan kami berharap para guru penggerak yang ada di Kabupaten Sintang dapat bekerja sama dengan semua pihak guna meningkatkan mutu pendidikan yang ada di wilayah Kabupaten Sintang,” ujar Kartiyus.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama untuk memajukan pendidikan. Saya berharap program guru penggerak yang telah dilaksanakan dapat menjadi Garda terdepan dalam kemajuan pendidikan dan mutu pendidikan, dapat berimbas untuk peserta didik serta dapat berimbas pada kesejahteraan masyarakat,” tambah Kartiyus

Pelaksanaan lokakarya 7 panen Karya hari ini merupakan puncak dari kegiatan program guru penggerak Kemendikbud ristek yang dilaksanakan tiap kota dan kabupaten di seluruh Indonesia.

Pameran hasil belajar ini merupakan momen terbaik dan tepat untuk mensosialisasikan program unggulan aksi nyata para calon guru penggerak angkatan 9 kepala sekolah lainnya dan khalayak ramai. Inti dari aksi nyata para calon guru penggerak angkatan 9 ini semua programnya harus berpihak kepada murid dan berpijak kepada rapor pendidikan sekolahnya.

Tiap calon guru penggerak membuat program yang unik, menarik, kreatif, kolaboratif dan berkelanjutan sehingga walau sudah berakhir masa pelatihan formal guru penggerak selama 6 bulan, program aksi nyata akan terus berlanjut sehingga tetap tergerak, bergerak dan menggerakkan.

” Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan turut berpartisipasi pada kegiatan lokakarya 7 festival panen Karya guru penggerak angkatan 9 Kabupaten Sintang pada hari ini. Semoga para guru penggerak yang telah dikukuhkan akan menjadi Pioneer tingkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Sintang sehingga menjadikan pendidikan kita menjadi lebih baik dan bermutu” tutup Kartiyus. RILIS PROKOPIM.

RELATED POSTS
FOLLOW US