Sekda Sintang Launching SIMAS EKO di Aula Inspektorat Sintang

Posted by : Admin Sintang Terkini May 20, 2024

Sintang-www.sintang-terkini.com-Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Kartiyus melakukan launching Sistem Informasi Pengelolaan Risiko (SIMAS_EKO) di Aula Inspektorat Kabupaten Sintang pada Senin, 20 Mei 2024.

Hadir pada launching tersebut Inspektur Kabupaten Sintang Ardatin, Inspektur Pembantu III Yohanes Murwanto, Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

Kartiyus Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang menyampaikan berdasarkan hasil evaluasi Kemepan RB Republik Indonesia menyebutkan bahwa indeks reformasi birokrasi Kabupaten Sintang tahun 2023 sudah masuk kategori B dengan nilai 62, 47 dan nilai SAKIP Kabupaten Sintang sudah masuk kategori B dengan 60, 16.

“nilai ini menunjukan nilai Pemkab Sintang sudah baik dan saya mengapresiasi OPD yang sudah bekerja dengan baik. Dan OPD yang  meraih nilai B sudah diberikan penghargaan oleh Bupati Sintang. namun, kita jangan lengah, terus memperbaiki kinerja kita, supaya paling tidak mampu mempertahankan, dan jangan sampai turun lagi” terang Kartiyus

“penilaian risiko merupakan bagian penting dalam sistem pengendalian intern pemerintahan yang mendukung reformasi birokrasi. Hasil evaluasi menunjukan bahwa Pemkab Sintang belum mampu menerapkan pengelolaan risiko secara maksimal oleh para pemilik risiko. Kita belum mampu meminimalkan risiko yang terjadi” terang Kartiyus

“maka launching aplikasi SIMAS EKO sangat penting. Aplikasi berbasis website ini saya harap bisa mendorong percepatan dan efisiensi pengelolaan risiko secara maksimal. Dan OPD dengan mudah mengelola risiko yang ada di OPD masing-masing” terang Kartiyus

“saya minta OPD segera menggunakan aplikasi SIMAS EKO ini untuk mengelola risiko di OPD, kita akan membentuk satgas dan komite pengelolaan risiko Kabupaten Sintang. Kita juga akan mensosialisasikan aplikasi ini secara masif” tambah Kartiyus

Ardatin Inspektur Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa manajemen risiko terkait dengan pengawasan internal dan bukan hanya menjadi tanggungjawab Inspektorat Kabupaten Sintang saja tetapi semua Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Sintang.

“manajemen risiko wajib dilakukan oleh masing-masing OPD karena risiko melekat di kegiatan OPD. Semua kegiatan OPD ada risiko, sehingga perlu di manage dengan baik dalam rangka memperkecil risiko yang akan terjadi” terang Ardatin.

“risiko wajib kita antisipasi dengan baik akan berpengaruh pada SAKIP dan zona integritas Pemkab Sintang. maka manajemen risiko sangat penting. Dulu pengelolaan risiko masih manual, maka sekarang dipermudah dengan adanya aplikasi SIMAS EKO ini. Audit juga umumnya berdasarkan besar kecilnya risiko yang akan dialami. Maka pengendalian internal secara berjenjang wajib dilakukan oleh internal OPD” terang Ardatin. RILIS PROKOPIM.

RELATED POSTS
FOLLOW US