Bupati dan Wabup Sintang Sama-Sama Ikuti Kunjungan Puan Maharani Ketua DPR RI Ke Betang Ensaid Panjang

Posted by : Admin Sintang Terkini March 20, 2023

Sintang-www.sintang-terkini.com-Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno dan Wakil Bupati Sintang Melkianus turut mendampingi dan menghadiri acara kunjunganaa kerja Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Puan Maharani pada Minggu, 19 Maret 2023 ke Betang Ensaid Panjang Desa Baning Panjang Kecamatan Kelam Permai

Bahkan Wakil Bupati Sintang turut menjelaskan soal tenun ikat Dayak kepada Puan Maharani saat meninjau aktivitas para penenun yang sedang bekerja.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Puan Maharani mengunjungi Betang Ensaid Panjang di Desa Baning Panjang Kecamataan Kelam Permai pada Minggu, 20 Maret 2023.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Puan Maharani menyatakan senang bisa berkunjung ke Betang Ensaid Panjang. “tadi saya sudah melakukan perjalanan jauh sekali. Saya sampai tanya Pak Lasarus, ini kapan nyampainya. Saya sampai melamun karena jauhnya perjalanan ke sini. Namun setelah tiba, hati saya bahagia dan gembira sekali. Karena banyaknya warga yang menunggu saya di sini. Ini sudah sore, tapi masyarakat disini masih mau menunggu, saya sungguh merasa terhormat. Saya diperkenankan untuk bisa datang ke sini dan melihat aktivitas ibu-ibu yang sedang menenun” terang Puan Maharani.

“saya bahagia dan bangga bisa melihat langsung rumah Betang Ensaid Panjang dan kehadiran saya yang pertama ini, akan membantu pembangunan rumah betang baru yang seperti ini, paling lambat awal tahun 2024 nanti” janji Puan Maharani disambut tepuk tangan warga yang hadir di Betang Ensaid Panjang.

“saya melihat, kalau ini diperbaiki, sepertinya bagian bawah dan atasnya. Namun berdasarkan Surat Keputusan Bupati Sintang, Betang Ensaid Panjang ini merupakan cagar budaya, maka kita akan melakukan renovasi supaya tetap ada. Sambil kita membangun Rumah Betang yang baru. Setuju atau tidak” terang Puan Maharani.

Masyarakat yang hadir pun menjawab setuju.

“Mau ya” tanya Puan Maharani

“mau” jawab warga Ensaid Panjang

“kalau rumah Betang Ensaid Panjang yang baru sudah terbangun, saya minta ibu-ibu tetap melakukan aktivitas menenun kain tenun seperti yang saya pakai ini” pinta Puan Maharani.

“kainnya cantik. Sehingga saya minta terus dilakukan. Hasilkan tenun yang bagus lagi. Inilah salah satu warisan budaya yang ada di Kabupaten Sintang dan Kalimantan Barat. Ini pertemuan kita yang pertama kali. Tetapi saya janji, Insya Allah ke depan, saya akan datang lagi kesini ke rumah Betang Ensaid Panjang yang baru”terang Puan Maharani.

“saya sudah bicara dengan tim dari Kementerian, namun semuanya perlu waktu, tidak bisa tiba-tiba dikerjajan. Namun, Insya Allah, awal tahun depan, rumah betang yang baru akan mulai dibangun. Nanti bangunan barunya, mirip seperti ini, panjangnya 106 meter, juga saya minta sama dan bentuk yang sama, namun dengan suasana yang diperbaharui” terang Puan Maharani

 

(RILIS PROKOPIM)

RELATED POSTS
FOLLOW US